London Metal exchange (LME) Pindah Kantor ke 10 Finsbury Square.
London Metal exchange (LME) Pindah Kantor ke 10 Finsbury Square.

 London Metal Exchange (LME) adalah pusat perdagangan metal terbesar di dunia. Lebih dari 80% produk metal diperdagangkan disini. Banyak pelaku bisnis metal yang menjadikan LME sebagai acuan harga produk mulai dari aluminium, aluminium alloy, cobalt, copper, lead, molybdenum, nickel, steel billet, tin and zinc dll.

Berita mengejutkan seperti dirilis dari laman Blomberg mulai tanggal 27 Januari 2016 LME akan berpindah kantor dari Leadenhall St Premises yang sudah ditempati selama 11 tahun ke kantor baru di 10 Finsbury Square. 
 
Sejarah LME sendiri cukup menarik untuk disimak, ada sejak 1877, pada awalnya hanya Cupper (Cu) yang diperdagangkan, selanjutnya menyusul Lead (Pb) dan Zinc (Zn) yang diperdagangkan dan mendapatkan status perdagangan resmi di tahun 1920. LME sempat tutup karena ada perang dunia ke-2 dan dibuka kembali di tahun 1954. Setelah dibuka kembali produk metal yang diperdagangkan semakin banyak. Tercatat beberapa perdagangan di setiap tahunnya bertambah seperti Aluminium (Al) pada tahun 1978, lalu nickel (Ni) 1979, disusul Tin (Sn) ditahun 1989, aluminium alloy di tahun 1992, Steel di tahun 2008, dan pada 2010 ditambahkan Minor logam Cobalt (Co) dan Molibdenum. LME adalah tempat acuan harga produk-produk metal sehingga tidak heran apabila nilai perdagangannya mencapai $US 11, 6 triliun per tahunnya.
 
Semoga dengan berpindahnya kantor LME, industri ini akan terus berkembang dan tetap menjadi acuan untuk para pelaku bisnis metal di Dunia.
 

Other News